8 Kandungan yang Terdapat pada Secangkir Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman spesial bagi banyak orang dengan citarasanya yang menarik. Dalam hal ini tentu saja ada banyak aspek dan faktor yang berperan dalam menciptakan rasa kopi yang sedemikian rupa. Begitu juga dengan khasiatnya sebagai penangkal kantuk yang ampuh.

Nah, salah satu alasan di baliknya tentu hadir dari kandungan dalam secangkir kopi itu sendiri. Lalu, sebenarnya apa saja kandungan dalam secangkir kopi tersebut? Jika Anda penasaran, jangan khawatir karena ulasan lebih lanjutnya ada di bawah ini.

Daftar Kandungan Dalam Secangkir Kopi Yang Perlu Anda Ketahui


Kopi sebelum dan sesudah menjadi bubuk memiliki banyak sekali kandungan. Namun, kadar keduanya berbeda antara yang masih mentah dan yang sudah matang. Nah, kalau untuk kandungan dalam secangkir kopi, setidaknya ada 8 zat yang perlu Anda ketahui sebagaimana dalam keterangan berikut ini.

1. Kafein
Salah satu kandungan yang paling terkenal dalan secangkir kopi tentu saja adalah kafein. Hal ini tentu saja sangat wajar karena kafein juga merupakan kandungan utama yang di miliki kopi. Nah, jika setelah mengkonsumsi kopi Anda akan terjaga beberapa saat, maka zat inilah yang sangat berperan penting di dalamnya. alasannya adalah karena kandungan alkaloid plant di dalamnya.

2. Air
Selain kafein, namanya juga kopi yang di seduh, tentu saja mengandung air. Dalam hal ini peran air dalam secangkir kopi sangatlah penting karena mampu melarutkan bubuk kopi dalam penyeduhannya. Dan idealnya, dalam pembuatan kopi untuk di minum, takaran yang di gunakan adalah 98,5% air banding 1,25 bubuk kopi.

3. Ethyphenol
Jika air atau dalam  bahasa ilmiahnya di sebut dengan H2O merupakan kandungan yang berfungsi melarutkan, maka zat yang satu ini berperan dala, menghasilkan aroma. Berkaitan dengan aroma, tentu saja tidak dapat di pungkiri jika aroma kopi memang khas. Dan aroma terebut berasal dari zat yang satu ini.

4. Quinic Acid
Selain aroma, kopi memiliki salah rasa asam yang terkandung di dalamnya. Dalam hal ini rasa asam pada kopi tentu saja tidak datang begitu saja melainkan berasal dari zat tertentu. Sedangkan zat yang berperan dalam memberikan keasaman pada kopi adalah quinic acid ini.

5. Dimethyl Disulfide
Dalam secangkir kopi ternyata juga mengandung zat yang satu ini. Namun, mengingat secangkir kopi berarti bubuk kopi yang sudah di larutkan, kadarnya berkurang dan tidak terlalu banyak. Hal ini karena zat tersebut lebih banyak terkandung dalam kopi yang  masih dalam keadaan mentah.

6. Acetylmethylcarbinol
Tidak hanya aroma dan keasaman yang terkandung dalam rasa kopi. Ketika menyantapnya, Anda akan menemukan sedikit rasa gurih di dalamnya.  Hal ini karena kopi mengandung zat Acetylmethylcarbinol yang menghasilkan  rasa gurih.

7. Trigonelline
Kopi adalah salah satu minuman yang terkenal dengan rasa pahit di dalamnya. Namun, jangan salah karena sebenarnya masih ada sedikit nuansa manis yang bisa di temukan dalam rasa kopi tanpa gula. Dan hal ini bisa terjadi karena dalam secangkir kopi terkandung zat Trigonelline.

8. Dicaffeoylquinic

Zat terakhir yang juga bisa di temukan dalam secangkir kopi adalah Dicaffeoylquinic yang bermanfaat sebagai antioksidan. Hal ini membuat kopi cukup bermanfaat ketika di konsumsi karena akan membantu tubuh menangkal radikal bebas. Namun, tetap dengan porsi yang tidak berlebihan.

Itulah kandungan yang terdapat pada secangkir kopi hitam yang nikmat. Oh iya, jangan lupa baca juga artikel-artikel berikut ya kawan-kawan

Baca Juga

6 Manfaat dan Bahaya Untuk Kesehatan dari Secangir Kopi Hitam

Comments