Tips penyeduhan Kopi dan Karakteristik Saat Menyeduh Kopi


Di era saat ini, kopi banyak menjadi idola di kalangan masyarakat. Rasanya yang banyak mengundang perhatian, membuat kedai kopi di berbagai wilayah pun tidak pernah sepi. Namun, bagi Anda yang ingin ngopi di rumah tanpa harus ke kedai kopi, tentu harus tahu bagaimana menyeduh kopi sehingga terasa lebih nikmat. Sedangkan untuk ulasan terkaitnya, bisa di simak berikut ini.

4 Karakteristik Yang Bisa Di Rasakan Saat Menyeduh Kopi
Sebelum Anda mengenal lebih jauh tentang cara menyeduh kopi, cukup penting mengenal apa saja hal yang bisa di rasakan ketika menyeduhnya. Dalam hal ini ada 4 karakteristik secara umum yang perlu Anda ketahui sebagaimana dalam daftar berikut ini.

1. Aromanya

Yang sangat lekat dengan yang namanya kopi tentu saja adalah aroma. Bahkan, perbedaan biji kopi dan jenisnya bisa di telusuri hanya lewat aroma. Hal ini karena memang aroma kopi sangatlah pekat. Namun, ternyata dengan penyeduhan yang berbeda, hasil aromanya juga berbeda. Jadi, untuk mendapatkan wangi kopi sejati, penyeduhannya harus tepat.

2. Bodynya

Selain aroma, yang juga sangat kental di sini adalah body. Maksud dari body kopi sendiri adalah bagaimana berat dan ringannya kopi setelah di seduh dan di nikmati. Dalam hal ini, semakin ringan body kopi, maka akan semakin lembut ketika di rasakan dalam lidah.

3. Keasaman kopi

Dalam hal ini mungkin banyak yang menganggap bahwa keasaman merupakan salah satu rasa kopi. Namun, ternyata keduanya berbeda. keasaman sendiri bisa di rasakan tepatnya di samping dan ujung lidah pada saat kopi di nikmati. Nah, biasanya, kopi yang tingkat keasamannya tinggi di sebut sebagai kopi yang lebih ringan.

4. Rasa kopi

Karakteristik terakhir yang biasa di rasakan saat menyeduh kopi adalah rasanya. Dan bagian merupakan bagian yang paling menantang ketika menyeduhnya. Dalam penyeduhannya sendiri, rasa akan sangat terpengaruh. Jika di seduh dengan benar dan tepat, kopi akan semakin lezat. Namun, jika sebaliknya, bisa jadi kopi akan menjadi salah rasa.

Beberapa Tips dalam Penyeduhan Kopi Dengan Hasil Yang Berbeda

Sejauh ini memang sudah di temukan banyak sekali cara menyeduh kopi dengan hasil rasa kopi yang nikmat dan lezat. Namun, tentu saja untuk rasa kopi favorit akan berbeda-beda sesuai penikmatnya mengingat ada banyak karakteristik sesuai yang telah di sebutkan. Sedangkan beberapa cara seduh kopi yang populer adalah sebagai berikut.

1. Kopi tubruk
Kopi tubruk merupakan cara menyeduh kopi langsung dengan air panas. Cara ini memang sangat sederhana, namun sudah menjadi favorit banyak orang. Untuk rasa yang di hasilkan dari penyeduhan menggunakan metode ini adalah rasa kopi yang lebih tebal dan kuat.

2. Espresso

Nama yang satu ini tidak akan asing lagi tentunya. Apalagi bagi para pecinta kopi. Espresso sendiri merupakan salah satu mesin canggih pembuat kopi secara otomatis dengan hasil  yang lezat. Namun, perlu di ketahui bahwa dalam pembuatannya memang agak rumit. Apalagi jika Anda baru pertama mencobanya, bisa jadi akan kebingungan jadi harus belajar terlebih dahulu.                                                                                   
3.Pour oven dengan flat bottom

Untuk penyeduhan menggunakan cara yang satu ini merupakan penyeduhan kopi dengan wadah dan saringan. Wadah untuk menyaring tersebut dasarnya rata dengan bentuknya yang kerucut. Sedangkan penyaring dasarnya adalah kertas tipis  dengan bubuk kopi giling. Sedangkan dalam penyeduhannya, tentu saja harus menggunakan air panas dan kemudian di aduk.

Comments