Cara Membuat Kopi Bubuk Secara Tradisional Yang Bisa Di Lakukan Di Rumah

Salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia,  termasuk Indonesia adalah kopi. Kopi sendiri memang memiliki citarasa yang khas sehingga mampu menaklukan lidah banyak orang. Bahkan, beberapa orang tidak bisa   sehari tanpa meminum kopi. Karena itulah tidak heran jika banyak penjual kopi bubuk di mana-mana.

Tahap cara pembuatan kopi bubuk secara tradisional dengan mudah.


Kopi bubuk tradisional


Berbicara mengenai kopi bubuk, ternyata bubuk tersebut bisa di buat sendiri loh di rumah.Bahkan Anda bisa juga mengolahnya dari persiapan awal, yakni sejak masih di pohon hingga menjadi bubuk kopi siap seduh dengan pengolahan tradisional yang sudah turun temurun. Sedangkan untuk ulasan lebih lanjutnya adalah sebagai berikut.

Proses Pemetikan Hingga Menjadi Biji Kopi Siap Di Masak


Bagi Anda yang memiliki pohon kopi sendiri, maka suatu keberuntungan karena bisa mengolah kopi bubuk mulai dari pemetikan. Sedangkan langkah persiapan biji kopinya adalah sebagai berikut.

1. Buah kopi di petik dari pohonnya
Untuk membuat kopi bubuk, langkah pertama tentu saja adalah memetik biji kopi dari pohonnya secara langsung. Biasanya hal ini di lakukan saat panen kopi secara bersamaan. Jadi, pemetikannya akan mendapatkan berkarung-karung buah kopi jika lahan kopi ini luas.

2. Buah kopi di sortir
Setelah buah kopi berhasil di panen, langkah selanjutnya adalah menyortir buah. Sortir yang di maksud di sini adalah seperti filter atau penyaringan untuk pemisahan buah kopi. Jadi, yang ukurannya kecildan besar akan di pisahkan masing-masing.

3. Pengupasan biji kopi dari kulitnya

Selanjutnya, untuk mendapatkan biji kopi, tentu biji kopi perlu di kupas dari kulitnya.  Pengupasan ini, secara tradisional biasa di lakukan dengan penumbukkan kemudian di sortir ulang.

4. Penjemuran biji kopi
Setela biji kopi  berhasil di pisahkan dari kulitnya, silahkan ambil kulitnya saja dan kemudian di lakukan penjemuran. Biji kopi ini perlu di jemur di bawah sinar matahari hingga kering sebelum masuk dalam tahap pengolahan selanjutnya hingga menjadi bubuk kopi.

Jika Anda tidak memiliki pohon atau buah kopi sendiri, sebenarnya bisa langsung membeli biji kopi di pasaran dengan mudah. Di pasaran pun sudah banyak terjual biji kopi yang siap di olah. Dan untuk informasi di atas, bisa menjadi wawasan tambahan  mengenai kopi untuk Anda.

Proses Pematangan Hingga Menjadi Bubuk Kopi


Jika Anda sudah mendapatkan biji kopi sesuai dengan yang di  butuhkan, entah itu hasil pengolahan sendiri maupun beli, kini saatnya untuk menjadikannya bubuk kopi. Proses ini sangat mudah dan tidak akan memakan waktu hingga berhari-hari. Dengan biji kopi yang sudah siap olah, dalam beberapa jam Anda bisa mendapatkan kopi bubuk dengan langkah sebagaimana berikut.

1. Biji kopi kering di sangrai
Dalam proses pematangannya, langkah pertama yang biasa di lakukan secara tradisional adalah menyangrai biji kopi. Kalau Anda ingin hasilnya maksimal dan pas, sambil memanfaatkan teknologi modern, Anda bisa menggunakan mesin sangrai. Namun, jika ingin yang alami atau berdasarkan proses secara tradisional, menggunakan wajan saja sudah cukup.

2. Penghalusan biji kopi melalui penggilingan
Nah, setelah kopi matang dan selesai dari proses penyangraian, maka langkah terakhir untuk menghasilkan bubuk kopi adalah  melakukan penggilingan.  Penggilingan ini bisa menggunakan mesih seadanya, yang penting kopi bisa menjadi bubuk yang halus. Dan setelah penggilingan ini selesai, maka kopi bubuk Anda siap untuk di seduh.

Demikianlah penjelasan mengenai cara pembuatan kopi bubuk secara tradisional.

Baca Juga


Tips penyeduhan Kopi dan Karakteristik Saat Menyeduh Kopi

7 Tempat Ngopi Paling Asyik di Bandung, Jakarta, Surabaya

Comments